WELCOM TO KHAFIED BERKICAU

Sabtu, 01 September 2012

-Membuka workbook dan worksheet baru -Mengisi sel dengan data -Memodifikasi dokumen



A.   Membuat Dokumen Pengolah Angka

Hal pertama yang dilakukan saat membuat dokumen baru dalam Microsoft Excel 2007 adalah masuk ke workbook Microsoft Excel 2007. Berikut ini hal-hal yang perlu dilakukan.
1.       Klik Start Menu
2.       Pilih All Progrms          Microsoft Office
3.       Klik Microsoft Excel 2007
Setelah masuk ke workbook Microsoft Excel 2007, akan tampil lembar kerja (worksheet) Excel 2007 yang terdiri dari baris dan kolom. Pertemuan antara baris dengan kolom disebut sel, sedangkan kumpulan dari sel-sel yang membentuk persegi disebut range.
1.    Membuka Workbook dan Worksheet Baru
Perbedaan antara workbook dengan worksheet yaitu :
·           Workbook merupakan kumpulan dari beberapa sheet, sedangkan
·           Worksheet merupakan lembar kerja yang terdapat pada sheet.
Jadi, penulisan dokumen dapat dilakukan pada worksheet yang ada dalam tiap sheet.
          Berikut ini cara membuka workbook.
a.       Klik Office Button.
b.      Pilih New kemudian Blank Dokumen dan tekan Create atau tekan tombol Ctrl+N pada keyboard.
          Cara membuka worksheet baru adalah dengan mengklik salah satu tabulasi sheet yang ada dibawah lembar kerja.  Jika anda membutuhkan sheet tambahan, maka Anda bisa menyisipkan sheet baru pada worksheet. Cara menyisipkan sheet tersebut adalah sebagai berikut.
a.       Klik kanan mouse pada tab sheet.
b.      Klik Insert, kemudian pilih Worksheet.
c.       Klik OK.
 
2.    Mengisi Sel dengan Data
         Setelah anda berhasil mengaktifkan lembar kerja Excel dengan cara seperti yang dijelaskan sebelumnya, berarti Anda dapat mulai memasukkan data ke dalam sel. Caranya, aktifkan sel pada lembar kerja, kemudian ketikkan data sesuai yang kamu inginkan dan akhiri dengan menekan Tab atau Enter.
         Cara menampilkan data angka dengan pemisah titik adalah dengan memformat data angka tersebut. Sebelum, memformat angka, terlebih dahulu konfigurasi pengaturan Excel harus diubah. Caranya adalah sebagai berikut.
a.       Masuk ke Control Panel dengan cara mengklik Start Menu, kemudian klik Control Panel.
b.      Pilih Classic View dan klik Regional and Language Options.
 
    
c.       Klik tab Formats pada kotak dialog Regional and Language Options.
d.      Pada bagian Current Format klik tanda panah bawah dan pilih Indonesian.
e.      Klik Apply dan restart komputer.
f.        Setelah selesai restart, masuk kembali ke worksheet Excel 2007.
g.       Aktifkan seluruh sel data angka yang ingin diubah format tampilan angkanya.
h.      Klik tombol dialog box launcher (tombol kecil di sudut kanan bawah) pada grup Number tab Home.
i.         Setelah muncul kotak dialog Format Cells, klik tab Number.
 
j.        Pilihlah Number pada kotak Category.
k.       Berikan tanda ceklis pada kotak isian Use 1000 Separator (.).
l.         Klik OK.
Berikut ini cara memasukkan data berupa teks.
a.         Pilih sel yang akn diisi teks.
b.         Ketikkan teks sesuai keingginan.
c.          Tekan tombol Enter atau Tab untuk mengakhirinya.
3.    Memodifikasi Dokumen
         Modifikasi dokumen dilakukan dengan cara membuka terlebih dahulu dokumen yang pernah dibuat, kemudian melakukan perubahan pada dokumen tersebut. Setelah isi dokumen, diubah, dokumen kemudian disimpan (save).
 

a.       Membuka Dokumen
Cara membuka workbook adalah sebagai berikut.
1)      Klik menu File.
2)      Klik Open atau tekan tombol Ctrl+O.
3)      Pada kotak dialog Open, buka folder tempat penyimpanan file dokumen Excel.
4)      Klik file dokumen Excel yang ingin dibuka.
5)      Klik tombol Open.
b.      Mengaktifkan Sel di Workaheet
Caranya adalah dengan mengklik sel tersebut dengan mengunakan perintah Keyboard. Jika menggunakan Keyboard, maka tombol yang digunakan sebagai berikut.
1)      Tombol Enter, untuk memindahkan sel aktif ke arah bawah pada kolom yang sama.
2)      Tombol Tab, untuk memindahkan sel aktif ke arah satu baris.
3)      Tombol arah, untuk memindahkan sel aktif sesuai dengan tombol arah yang digunakan.
c.       Memilih Sel di Worksheet
Berikut ini cara memilih sel di worksheet Excel.
1)      Memilih Beberapa sel
Memilih sel yang berdekatan bisa dilakukan dengan menekan tombol Shift dan tombol arah sesuai dengan sel yang dipilih. Sebaliknya, cara memilih sel yang berjahuan adalah dengan menekan dan menahan (hold) tombol Ctrl di keyboard sambil mengklik sel yang diinginkan.
2)      Memilih Seluruh Sel dalam Satu Baris
 
Memilih seluruh sel dalam satu baris dilakukan dengan mengaktifkan terlebih dahulu salah satu sel dalam baris tersebut, kemudian tekan tombol Shift dan tombol Spasi pada keyboard.

3)      Memilih Seluruh Sel dalam Satu Kolom.
 
Cara memilih sel dalam satu kolom adalah dengan mengaktifkan salah satu sel dalam kolom tersebut, kemudian tekan tombol Ctrl dan tombol Spasi pada keyboard.
4)      Memilih Seluruh Lembar Kerja
 
Cara memilih seluruh lembar kerja adalah dengan sudut kiri atas wroksheet.
d.      Menghapus Lembar Kerja Kolom yang Diinginkan
Seperti yang sudah kita ketahui, lembar kerja Excel terdiri dari banyak kolom dan baris. Berikut ini langkah-langkah mengatur lebar kolom.
1)      Klik kolom yang ingin dilebarkan.
2)      Arahkan pointer mouse dia atas kanan sehingga tampilan pointer mouse berubah menjadi tanda tambah dengan panah ganda mengarah ke kanan dan ke kiri.
3)      Klik dan tahan mouse, kemudian Anda drag (tarik) sesuai dengan lebar kolom yang diinginkan.
4)      Lepaskan mouse untuk mengakhirinya.
Selain dengan cara diatas, anda dapat juga mengatur lebar kolom memalui ribbon. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan.
 
1)      Klik kolom yang ingin dilebarkan.
2)      Klik tab Home.
3)      Klik tombol Format pada grup Cells.
4)      Klik Columb Width sehingga tapil kotak dialog Column Width.
5)      Masukan lebar kolom sesuai kebutuhan.
6)      Klik OK
 
e.      Mengatur Tinggi Baris
Berikut ini langkah-langkah untuk mengatur tinggi baris.
1)      Klik baris yang ingin diatur tingginya.
2)      Arahkan pointer mouse pada batas bawah baris yang ingin diubah tingginya dan tunggu sampai pointer mouse berubah menjadi tanda tambah dengan panah ganda mengarah ke atas dan ke bawah.
3)      Klik dan tahan mouse, kemudian drag (tarik) sesuai dengan tinggi baris yang diinginkan.
4)      Lepaskan mouse.
Cara lain untuk mengatur tinggi baris adalah sebagai berikut.
1)      Blok semua baris pada tabel yang ditinggikan.
2)      Klik tab Home.
3)      Klik tombol Format pada grup Cells.
4)      Klik Row Height sehingga tampil kontak dialog Row Height.
5)      Masukkan nilai tinggi baris sesuai keinginan.
6)      Klik OK.
 
f.        Meng-copy Data di Worksheet
Langkah-langkah meng-copy data di worksheet Excel adalah sebagai berikut.
1)      Klik sel yang ingin di-copy dengan cara diblok.
2)      Klik tab Home kemudian klik tombol Copy pada grup Clipboard, atau tekan tombol Ctrl+C pada keyboard.
3)      Aktifkan sel yang akan digunanakan untuk meletakkan hasil copy-an.
4)      Klik tombol Paste pada grup Clipboard atau tekan tombol Ctrl+V pada keyboard.
g.       Menggabungkan Workbook
Mengedit dokumen Excel bisa dilakukan dengan menggabungkan workbook. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan analisis data atau memperkecil jumlah file yang dipakai.
        Langkah-langkah yang ditempuh adalah sebagai berikut.
1)      Buka program Excel.
2)      Buka dua workbook yang ingin digabungkan, misalnya “Nama Peminjam” dan workbook “Nomor Buku”.
3)      Pada workbook kedua klik tab worksheet yang ingin dipindahkan. Jika ingin memilih lebih dari satu worksheet, maka tekan Ctrl dan klik worksheet yang diinginkan.
 
4)      Klik kanan pada salah satu tab worksheet yang ingin dipindahkan.
5)      Klik menu Move or Copy.
6)      Pada kotak dialog Move or Copy, isikan workbook tujuan pada kotak dialog pilihan To book dan isikan sheet yang ingin dipindahkan pada kotak pilihan Before sheet.
 
7)      Jika ingin membuat copy-an dari worksheet yang dipilih, maka beri tanda ceklist di kotak Create a copy.
8)      Klik OK, maka workbook yang aktif akan dipindah ke workbook yang dituju.
h.      Mengedit Data Excel
Mengedit dokumen Excel bisa dilakukan dengan memindahkan data. Caranya adalah sebagai berikut.
1)      Menggunakan Cara Drag and Drop
Langkah-langkah mengedit data Excel dengan cara drag and drop adalah sebagai berikut.
a)      Blok sel yang ingin dipindahkan.
b)      Letakkan pointer mouse di batas pinggir sel sampai berubah menjadi bentuk panah 4 arah.
c)       Klik dan tahan, kemudian tariklah ke tempat tujuan pemindahan data.
2)      Menggunakan Cara Cut and Paste
Langkah-langkah mengedit data Excel dengan cara cut and paste adalah sebagai berukut.
a)      Blok sel yang ingin dipindahkan.
b)      Tekan tombol Ctrl+X.
c)       Klik sel tujuan sebagai tempat untuk meletakkan data.
d)      Tekan tombol Ctrl+V.
i.        Menghapus Data Excel
Cara menghapus data yang terdapat pada sel-sel worksheet adalah sebagai berikut.
1)      Pilih data sel yang ingin dihapus.
2)      Tekan tombol Delete pada keyboard.
j.        Mengubah Bentuk data Ukuran Huruf
Jika ingin membuat tampilan huruf yang lebih indah, maka Anda bisa memanfaatkan grup Font pada tab Home.
          
Cara mengubah ukuran huruf adalah sebagai berikut.
1)      Pilih sel yang datanya ingin diubah ukuran hurufnya, yaitu dengan cara diblok.
2)      Klik tanda panah ke bawah dari tombol Font Size, kemudian pilihlah ukuran huruf yang Anda inginkan dengan cara diklik. Mengubah ukuran huruf bisa juga dilakukan dengan menghapus tulisan ukuran huruf dan menggantinyadengan ukuran yang diinginkan, lalu tekan Enter.
Cara mengubah jenis huruf yang ingin ditampilkan adalah sebagai berikut.
 
1)      Pilihlah sel yang datanya ingin diubah jenis hurufnya, yaitu dengan cara diblok.
2)      Klik tanda panah ke bawah pada tombol Font, kemudian pilihlah jenis huruf yang tersedia.
k.       Mengubah Ukuran Kertas dan Margin
Cara mengubah ukuran kertas adalah sebagai berikut.
 
1)      Klik tab Page Layout
2)      Klik tombol Size pada grup Page Setup.
3)      Pilih ukuran kertas yang akan digunakan dengan mengklik pilihan ukuran ynag disediakan pada menu drop down.
Cara mengatur margin adalah sebagai berikut.
1)      Klik tab Page Layout.
2)      Klik tombol Margins pada grup Page Setup.
3)      Klik salah satu pilihan margin yang disediakan.
4)      Masukan ukuran margin atas (top), bawah (bottom), kanan (right), kiri (left), header, dan footer dengan mengklik panah ke atas akau ke bawah.
5)      Jika ingin menempatkan tabel data di tengah kertas secara horosontal, maka berilah tanda cek di kontak isian Horizontally, sedangkan jika ingin menempatkan tabel data di tengah kertas secara vertikal maka berilah tanda cek di kontak isian Vertically.
6)      Klik OK jika sudah selesai.
 
l.        Mengatur Orientasi Halaman
Pengaturan orientasi halaman bertujuan untuk mendapatkan ukuran kertas yang dapat menampung semua data dalam satu halamn kerja.
        Cara mengatur orientasi halaman adalah sebagai berikut.
1)      Klik tab Page Layout.
2)      Klik tombol Orientation pada grup Page Setup.
3)      Jika menginginkan orientasi tegak maka klik Portrait, sedangkan jika menginginkan orientasi mendatar maka klik Landscape.
 





Selesai..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar